Sabtu, 27 Juni 2009

Ciri-Ciri Hamster Hamil dan Tips Merawatnya


Ciri2 Hamster Hamil:

1. keluar sedikit darah dari alat kelamin
2. puting susu terlihat jelas, semua hewan menyusui juga sama.
3. bentuk tubuh seperti buah pir, dan perut gendut ke depan (berbeda dengan hamster gemuk yang gendutnya ke samping)
4. lebih banyak makan dan minum
5. lebih agresif dan galak.
6. suka menggigit, dia suka menggigit pejantan kalau sedang hamil, ya itu dia sedang tidak suka dengan pejantan.
7.kalau ditekan perutnya(jangan terlalu kuat) akan terasa benjolan. Pada umumnya masa hamil hamster itu 20 hari doangk kok...



Tips Merawat Yamster Yang Lagi Hamil

Bos gua punya beberapa tips merawat hamster yang lagi hamil, bila bos pengen induk dan bayinya selamat sampai lahir diharapkan memperhatikan beberapa poin penting dibawah ini:

1. Bila perut hamstermu udah tampak buncit (betina) diharuskan pejantannya dipisah.

2. Bersihkan kandang yang akan ditempati sibetina kalau perlu dicuci supaya hamsternya merasa nyaman dan tenang, dan usahakan keluarkan mainannya sebab hamster yang lagi hamil tingkat keagresifannya sangat tinggi dan cara ini bisa mengurangi resiko keguguran bagi sibetina. Dan sediakan aksesoris rumah untuk sarangnya, ntar hamsternya bakal melahirkan didalam rumahnya, jangan lupa juga untuk memasukkan sobekan kain-kain kecil warna hitam sebagai alas didalam rumahnya.

3. Berikan makanan yang bergizi seperti kuaci (mentah), biji milet, kenari seed, biskuit, roti, telor rebus (putihnya saja 3hr 1x), wortel (separuh saja selama 1mg), jagung muda(seminggu sekali), singkong rebus, apel (separuh 1mg), dan toge diberikan secara berkala pagi dan sore secukupnya.

4. Stelah hamsternya melahirkan jangan sering dilihat apalagi dipegang-pegang selama dua minggu hingga bayinya sudah tumbuh bulu, kalau ngak ntar anaknya bisa dimakan. Ada beberapa faktor kenapa siIbu menjadi kanibal, biasanya itu dikareakan bau manusia ditubuh siBayi, induknya setress karna suasana disekitarnya terlalu ramai oleh manusia atau binatang pemangsanya jadi pikirkan sedikit setting kandangnya, siinduk kelaperan jadi jangan sampai suplai makanannya habis, sianak lemah biasanya dikarnakan saat induknya hamil kekurangan gizi hal itu juga bisa jadi sebab kekanibalan terhadap hamster. Bila memang terpaksa harus memegang induk dan bayinya disarankan menggunakan sarung tangan supaya siinduknya tidak mencium bau manusia (netral).

5. Setelah si bayi berumur 2 minggu sudah boleh dipisahkan dengan ibunya. Dan siibu boleh dicampur lagi dengan pejantan dan mainannya juga boleh dimasukkan kedalam kandangnya. Tapi ingat jangan sekali-kali mencampur bayi yang berumur 2 minggu tersebut dengan kedua induknya sebab sipejantan bisa saja membunuh anak-anaknya dan memakannya. Biasanya setelah sibetina dicampur lagi dengan pejantannya, dia bakal hamil lagi dalam kisaran 2 minggu berikutnya.

Trims sudah mengunjungi blogku semoga bermanfaat bagi hamsterkeeper...


35 komentar:

  1. Aq neh gag tau liat hamster ku hamil ato gag neh, . Hamie ku jenis panda syrian, . .
    Um, . Seminggu pertama ciy jaht gt ama jantan, . . Tp koq pas di gabungin lg bk lg siy, . . Um ukurannya sepanjang jari telunjuk bro, . . . Ato 3/4 hp nokia 6300, . . Trus lebrnya perutnx setengah jari, . . .apa udh bz hamil? ? ?

    BalasHapus
  2. wow panda syrian q jadi pengen tuh,, hehe tapi biasanya untuk hamster jenis ini umur 3 bulan baru bisa hamil itu pun kalau ada tanda-tanda si jantan mengawini si betina 1 bulan sebelum hamil,,, tapi kalau si betina menunjukkan tanda-tanda galak kepada si jantan kemungkinan besar hamster loe tuh udah hamil dan bila dirawat betul dalam kisaran waktu 3 minggu akan segera melahirkan,,

    hehe selamat punya cucu ya ..

    BalasHapus
  3. . gmn sh cra biar hmstr qu hamil?
    kn aq beli hamstr am tmn , tp gk tau umur.a brp.
    . tp kta.a ch udh dwasa .
    tp kq gk hamil" yh??
    . padahal udh d gbungn ma jantan .

    BalasHapus
  4. wah kebetulan hummy ww q juga lagi hamil nech,,trims tipsnya broo..

    BalasHapus
  5. hamster ku koq makan biji bunga matahari bersama kulitnya.knpa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dia bukan makan sama kulitnya.. Tapi menyimpan makanan di kantung pipi.. Binatang pengerat emang suka gitu..

      Hapus
  6. Trims infony, klo hamster syrian digabung ama campbell gimana ?

    BalasHapus
  7. hamster aku biarpun hamil / gk hamil ,tetep aja galakny minta ampun ==v
    ehhh kalo dah terlanjur si jantan bareng betina ampe ngelahirin gpp kan @@ ??

    BalasHapus
  8. terimakasih atas artikel gan...
    nice...
    :D

    BalasHapus
  9. tapii bukannya hamster ga boleh dikasi buah yaa? kok dikasi apel mas?

    BalasHapus
  10. saya mau tanya dong..
    saya termasuk org pemula miara hamster.
    saya melihara hamster campbell jantan dan betina,trs saya taruh dalam 1 kandang.
    cara membedakan hamster ribut atau sedang kawin itu gmn yah?
    apa bener kalau hamster campbell di taruh dalm 1 kandang (jntan,& betina) bakal ribut trs?
    trmkasi..
    saya tunggu jawaban'a ^^

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. aq pnya hamster panda gii hamill trus,
    hammy ku suka bikin sarang,
    kira" tu dach mau lahir ndha,

    BalasHapus
  13. kk mau nannya niii....lw hamster winter n panda llw di kawininn bsa ndhha

    BalasHapus
  14. mas kalo perutnya doang yg gede tpi ga gede semuanya. itu hamil bkn?

    trims

    BalasHapus
  15. hahaha mas itu knapa hamsternya dipencet gitu gambarnya?

    BalasHapus
  16. hamster betina yg lagi memasuki masa kehamilan mang biasa menyerang/berantem ama yg jantan yakk..?? kalo udah gitu sbaiknya yg jantan dipisahin sama betina apa ditunggu mpe betinanya bener2 udah mau branak tuhh..?? nggak tega aku liat hammie ku brantem muluk. kasian yg jantan dicakarin, dicokot muluk.. mohon pencerahannya.. :3

    BalasHapus
  17. hamster ku mirip seperti yg diatas,tetapi dia malah baik sama suaminya malah dicium cium aduhh tolong yahhhhh..............!!!!!!!!!!!!!11

    BalasHapus
  18. okey mas bro makasih infonya..ni bru belajar ternak hamster...sekali lagi makasih

    BalasHapus
  19. , ehhmz , bleh nnya' gk . .
    , hamster.ku kleadtan hamil , tpie npha dy gk gi2tan???

    BalasHapus
  20. hy…saya vanny..
    aku juga punyak hamster panda dirumah..tpi gak hamil”
    padahala aku belinya tanggal 19 November 2011…tpi sampek skrng blm hamil” juga.
    sampek gak sabaran nungguin dia (si hamster) punya anak…
    masa’ hamsterku ini sama” cewek ya?
    padahal si penjual nya uda liat kalo cowok cewek.
    aku gak berani megang…jadi aku gak bisa beda.in mana yg cewek..mana yg cowok.
    tpi mungkin ada kriterianya…kalo cewek sama cewek di satu.in ke kadang…dibakalan berantem atau apa gitu?
    begitu sebaliknya dengan cowok sama cowok.

    thank’s before…

    BalasHapus
  21. ak gak tau hamster q hamil apa gak,tp perut yha udh besar kali,hamil apa kegemukan,
    tp kalau d pegang ak takut soal yha rewel kali.
    gmna yha ciri2 lain hamster hamil.

    syrian d kawinin dengan cambel bisa gak yha...

    BalasHapus
  22. ciri2 hamster sakit gmna.....

    bls yha

    BalasHapus
  23. Mw tanya hamster betinaku itu kok kelakuannya aneh?! Dia suka njilati kelaminnya yang jantan terus dia cari biji kuaci untuk di taruh di tempat biasa dia tidur malam. Tempatnya itu kayak digali. tu hamsterku kenapa?

    BalasHapus
  24. trma kasih artikelnya
    sangat membantu

    BalasHapus
  25. aku bngung hamsterku ni lg hamil apa nggak... badannya makin besr, trus kadang galak kadang nggak sama si jantan.... tp ko jd kayak tuan putri soalnya dy mkin manja, tenang, terus yang jantan kayaknya selalu mengalah, permainan selalu direlain buat si betina....

    jd share ni,, btw thanks for this artikel

    BalasHapus
  26. aku mau tanya ,bagaimana kalau hamster tidak mau makan? apa dia sakit?

    BalasHapus
  27. hamster saya di perutnya tampak merah muda, kenapa ya. Please help

    BalasHapus
  28. Ass... gini hamster aq skrg bnyak makan,sensitif,bdan aga gmuk, bisa di blg hamil.. tpi ko' drahnya blum kluar trus dia lemmes bnget, bermainnya kurang. Itu kenapa, apa memang dia hamil atw sakit?

    BalasHapus
  29. Aq punya 3 hamster 1 jantan and 2 betinanya. Terus 2 betinanya itu hamil,tdk apa2 kh kalo hamster betinanya itu di gabung ama yg satunya yang lagi hamil.??

    BalasHapus
  30. ass...sya punya hamster syrian yg bulunya panjang,sya susah untuk memastikan bahwa dia sedang hamil atau tdak karena puting susu nya susah d lihat karena d tutupi bulu yg panjang.sya minta sedikit solusinya...

    BalasHapus